C. Hijrah ke habsyi

 


 Penindasan dan penyiksaan kafir Quraisy semakin keras, membuat nabi Muhammad Saw dan pengikutnya berpikir untuk menyelamatkan diri. Dalam kondisi tersebut turut lah surah az-Zumar, yg berisi perintah hijrah. Allah SWT berfirman:

Artinya katakanlah: "hai hamba-hamba ku yang beriman bertakwalah kepada kepada tuhanmu" orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS. az-Zumar [39] :10) 

Nabi Muhammad SAW memerintahkan kaum muslim agar hijrah ke basyah karena raja habsyah, azimah adalah orang seorang raja yang adil. Maka bulan Rajab tahun kelima kenabian, hijrahlah kelompok pertama terdiri dari 12 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Pemerintah Utsman bin Affan, yang hijrah bersama istrinya, sayyidina ruqyah, putri Rasulullah SAW dan hijrah ke habasyah terjadi dua kali. Kembali bersama suaminya, Utsman bin Affan bergabung dengan kelompok hijrah kedua. 

Kafir Quraisy Khawatir akibat dari hijrah habasyah. Mereka takut Islam menyebar ke luar mereka dan nantinya mereka akan mendapat bantuan dan pertolongan dari luar Mekah. Akhirnya kafir Quraisy mengirim dua orang dua orang utusan yang cerdas yaitu Abdullah bin Abi rabiah dan Amr bin al-ash bin wail as Sahmi titik Mereka pun mengumpulkan hadiah-hadiah yang akan dibawa keduanya untuk an-Najasyi. Mereka ingin merusak hubungan baik antara an-Najashidan orang-orang yang hijrah.

Dua orang utusan kaum Quraisy  itu pergi ke Habasyah mereka menyerahkan hadiahnya kepada raja habasyah titik mereka meminta raja agar mengembalikan kepada mereka orang-orang yang meninggalkan agama mereka titik-titik raja habasyah menolaknya dan sikapnya bahwa semua yang ada di tempatnya akan berada dalam perlindungannya dengan aman ke titik kedua utusan kembali ke Mekah dengan tangan  hampa dan memberitahu sikap raja Habasyah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7a_Aplikasi Yg di Pasang di hp Ku

7a_Perkemahan Pangkalan MTsN 2 Sampang

7a_ Tugas Menjawab Analisis Data Bab 6